BAB 1PENDAHULUAN

BAB I

PENDAHULUAN

Kali Mas (Sungai Mas), adalah pecahan Sungai Brantas yang berhulu di Kota Mojokerto, mengalir ke arah timur laut dan bermuara di Surabaya (Selat Madura). Kali Mas juga membatasi antara Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik. Muara Kali Mas merupakan pelabuhan tradisional Surabaya, yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Sejumlah jembatan yang melintasi Kali Mas di Surabaya saat ini ditetapkan sebagai cagar budaya, mengingat sisi historis dan arsitekturnya yang menawan.

Kali Mas merupakan sungai yang menjadi pintu gerbang Kerajaan Majapahit, dan di sungai ini pernah terjadi pertempuran antara Raden Wijaya (pendiri Majapahit) melawan pasukan Tartar (Mongol) pada abad ke-13.

Pada zaman VOC Belanda kali mas ini menjadi salah satu sarana transportasi air yang sangat ramai digunakan. Hilir mudik sampan dan perahu kecil mengangkut barang komoditi dan ikan-ikan dari hasil tangkapan nelayan dari pelabuhan tanjung perak. Mereka membawa masuk komoditi tersebut ke daerah dalam kota, yang dikenal sebagai kembang jepun (daerah pecinan di Surabaya) hingga ke daerah kayun (sekarang dikenal dengan adanya Surabaya Mal). Dahulu di kayun dekat lokasi Surabaya Mal ini, terdapat jembatan gantung yang beroperasi saat ada kapal komoditas yang melintas masuk daerah tersebut. Namun kini jembatan tersebut sudah tidak dapat beroperasi lagi.

Kali Mas adalah anak cabang bagian hilir Sungai Brantas yang secara khusus melewati daerah perkotaan Surabaya. Mulai di bagian hulu Sungai Brantas sampai dengan Kali Mas ini telah menerima limbah padat dan atau cair dari berbagai kegiatan pertanian, industri, dan pemukiman, oleh karenanya kualitas air Sungai Brantas maupun Kali Mas mengalami pencemaran yang dapat berupa bahan organik, unsur hara, padatan tersuspensi, dari atau bahan toksik. Perum Jasa Tirta (1995) mencatat bahwa 87% pencemar di sepanjang Kali Mas berasal dari limbah domestik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: